4 Fakta Unik Tentang Garut yang Harus Diketahui

Garut adalah salah satu kabupaten yang sedang di sisi unsur selatan Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Garut ini paling terkenal dengan sebutan ‘Garut Swiss van Java’ sebab memang serupa dengan negara Swiss di Eropa. Selain tersebut Garut pun terkenal bakal makanan khasnya, yakni dodol garut. Meskipun Garut sudah lumayan tekenal, sering orang yang masih belum memahami lebih jauh mengenai Garut. Padahal sebetulnya adasejumlah fakta unik mengenai Garut yang lumayan menarik guna diperbincangkan.

 

fakta unik garut
fakta unik garut

 

Menurut pokertiam berbicara soal wisata memang tidak bakal ada habisnya. Begitu pula dengan wisata alam yang terdapat di Garut ini. Tersimpan hal menarik di balik keindahan wisata alam yang terdapat di Garut. Keunikan yang dipunyai Garut ini bisa menjadi suatu sisi positif sekaligus sisi negatif untuk Garut sendiri dan masyarakatnya. Apa saja kenyataan unik yang dipunyai Garut? Berikut 4 kenyataan unik mengenai Garut yang tidak tidak sedikit diketahui oleh orang.

1. Jajaran pegunungan memblokade Kota Garut
Dilihat dari kondisi jasmani alamnya, Garut adalahsebuah kabupaten dengan potensi alam berupa pegunungan dan dataran rendah pada wilayah pusat kotanya. Terdapat suatu kenyataan unik mengenai Garut bersangkutan situasi alamnya ini. Kota Garut sebagai pusat kotanya ternyata diblokade oleh pegunungan yang mengelilinginya. Hanya sisiunsur timur laut dan tenggara saja yang tidak tertutup pegunungan. Kedua sisinya pun inilah yang menjadi akses utama guna masuk ke Kota Garut.

Kota Garut dikellilingi oleh tidak sedikit pegunungan, baik tersebut gunung api ataupun bukan gunung api. Deretan pegunungan ini sebut saja Gunung Gandapura, Gunung Rakutai, Gunung Kamasan, Gunung Guha, Gunung Kendang, Gunung Puntang, Gunung Nangklak, Gunungapi Papandayan, Gunungapi Cikuray, Gunung Peti, Gunung Mandalagiri, Gunung Puncakgede dan Gunungapi Kracak.

Begitu tidak sedikit gunung yang mengelilinginya tentu dominan padasituasi udara di Kota Garut, yakni mempunyai suhu rata-rata menjangkau 22 derajat celsius. Cukup dingin memang menikmati suasana di Kota Garut,sampai-sampai menjadikan kota ini cocok untuk traveler yang hendak merasakan sejuknya keadaan alam di pegunungan. Buat anda yang hendak pergi ke Garut, persiapkan pakaian hangat tambahan karena disana bergitu terasa paling dingin ketika malam hari dan pagi hari.

2. Kota Garut dibelah oleh sungai besar
Dengan adanya pegunungan yang mengelilingi Kota Garut dominan pada adanya distrik hulu dan distrik hilir. Hal ini menciptakan adanya tidak sedikit anak sungai dibagian hulu dan berkumpul menjadi sungai besar diunsur hilir, yakni Sungai Cimanuk. Sungai Cimanuk adalahsalah satu sungai besar yang terdapat di Pulau Jawa dan sangat dominan pada penghidupan masyarakat di sekitarnya. Sungai Cimanuk tepat membelah di tengah Kota Garut dan mengakibatkan Kota Garut berpotensi bakal adanya bencana banjir bandang.

Bencana banjir bandang ini bukanlah bencana yang dapat dirasakan remeh. Pada pertengahan tahun 2016 kemudian bahkan bencana banjir bandang yang melanda Kota Garut meluluhlantakkan sejumlah kecamatan yang terdapat disekitar bantaran sungai. Di samping itu, banjir bandang tahun lalu pun menyebabkan korban jiwa menjangkau puluhan orang dan menjadi bencana banjir bandang terbesar yang pernah melanda Kota Garut.

3. Angkutan umum terdapat di masing-masing sudut Kota Garut
Bagi seorang traveler, transportasi tidak jarang kali menjadi masalah utama dalam bepergian ke sebuah tempat. Tetapi tidak butuh khawatirsebab di Garut tidak sedikit sekali terdapat transportasi umum. Sebagaidi antara kota yang terdapat di Jawa Barat, Kota Garut pun sangat mengandalkan transportasi lazimnya sebagai model transportasi utama. Transportasi guna dalam kota terdapat tidak sedikit sekali mobil angkutan umum atau angkot yang siap mengantar penumpangnya. Sedangkanguna transportasi luar kota seringkali masyarakat setempat memakai travel atau bus. Khusus guna angkot, bahkan di Kabupaten Garut telah mempunyai angkot yang bertugas beroperasi di masing-masing kecamatannya.

Banyaknya angkot di Kota Garut ini barangkali memang telah menjadiurusan yang biasa untuk masyarakat setempat. Namun untuk orang luar atau wisatawan, terlebih dari luar distrik Jawa Barat akan tidak cukup terbiasa dengan urusan tersebut. Sehingga buat anda yang akanberangjangsana ke Garut dianjurkan untuk tidak sedikit bertanya supaya tidak salah jalur ketika menaiki angkot. Tentu tidak terdapat salahnyamembebastugaskan angkot dan menanyakan jalur destinasi angkot.

4. Garut mempunyai potensi wisata yang terisolasi
Bagi wisatawan atau orang yang melulu sekedar berangjangsana ke suatuwilayah tentu lokasi wisatanya lah yang sangat dicari-cari. Kebanyakan orang tidak bakal melewatkan lokasi wisata di wilayah yang telah dikunjunginya. Demikian pula dengan Kota Garut ini dimana terdapatsejumlah potensi wisata yang telah dikembangkan. Sebut saja Gunung Papandayan, Pantai Santolo, Pantai Rancabuana, Darajat Pass, Curug Orog, Kawah Talaga Bodas, dan Pantai Sayang Heulang.

Banyak sebetulnya potensi wisata yang dipunyai Garut, namun banyak sekali tempat wisata itu jauh terisolasi dari pusat Kota Garut. Hal ini adalahsalah satu kenyataan unik mengenai Garut tentang situasi wisata alamnya. Beberapa tujuan wisata di Garut mesti ditempuh dengan jarak yang lumayan jauh. Seperti untuk mengarah ke objek wisata pantai, wisatawan yang hendak kesana mesti memutari pegunungan ke arah pantai selatan.

Tidak perlu cemas dengan urusan itu karena sekitar perjalanan, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu luar biasa. Bagisejumlah orang barangkali akan lumayan melelahkan, namun untuk sebagian orang lainnya malah dapat menjadi menyerahkan sebuah kendala tersendiri. Berwisata tidak saja sebatas pada tujuan yang ditemui saja,namun perjalanan mengarah ke ke tujuan inilah yang akan menyerahkan pengalaman berbeda untuk seorang traveler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *